Thursday, July 16, 2009

BlackBerry 8300

Eksklusif Plus Kamera

Handset BlackBerry di Indonesia memang tak dijual di toko atau distributor seperti ponsel atau PDA pada umumnya. Begitupun BlackBerry yang diuji Selular kali ini, handset BlackBerry 8300 dibundling dengan operator Indosat. Makanya di handset ini selain tampak logo BlackBerry, juga ada logo operator Indosat.

DESAIN
Design BlackBerry 8300 tak ketinggalan jaman, tampil dengan warna silver mendominasi bodinya, diselingi warna hitam di bagian sisi-sisinya. Keyboard QWERTY meski dalam ukuran mini sangat memudahkan untuk mengetik ketika membalas email maupun SMS. Di sisi kiri terletak shorcut button untuk volume control dan kamera, sedangkan di sisi kanan terletak port mini USB dan jack 3.5mm stereo headset. Slot micro SD terletak di bagian dalam di sebelah slot SIMCard.

MENU UTAMA
Masuk ke menu utama, yang tampak paling atas adalah ikon I-go, yaitu layanan value added services Indosat. Lewat I-go beragam fitur bisa kita nikmati seperti I-stock, I-ring, I-games, messaging, features, download dan lain-lain.

EMAIL
Dalam satu handset ini kita bisa menampung sampai 10 account email personal. Sebelumnya bagi pelanggan baru kita harus membuat account baru, setelah itu tinggal menambahkan account personal. Account email yang bisa diintegrasikan adalah email account yang mendukung POP3 maupun IMAP seperti Yahoo! Mail, Gmail, fastmail hotpop dan lain-lain. Artinya jika kita memiliki lebih dari satu email bisa digabungkan dalam satu inbox messages. Jadi kita bisa mengecek email masuk semudah menerima SMS, begitupun sebaliknya jika kita ingin me-reply.

Ketika Selular menguji mengirim email dengan attachment file gambar dengan resolusi 640 x 480 pixel sebesar 99 kb dari Yahoo! Mail ke BlackBerry 8300 dalam hitungan tak lebih dari 5 detik sudah sampai. Dan ketika membuka attachment file gambar membutuhkan waktu tak lebih dari 10 detik dengan pilihan resolusi 320 x 240. Selain itu ada pilihan pula untuk mendownload file tersebut dengan ukuran asli yang dikirim (Full Image).

KAMERA
Selain itu, sempat diuji upload hasil foto-foto dari kamera 2 Mpix dengan resolusi maksimal 1600x 1200 berukuran 600-700 kb. Foto-foto tersebut kami upload lewat email ke situs Flickr, rata-rata membutuhkan waktu antara 3-8 menit

CHATTING
Untuk yang biasa chatting dengan Yahoo! Messenger bisa langsung install lewat BlackBerry Help dengan ikon plus-plus berwarna kuning. Atau juga yang biasa bersosialisasi lewat Facebook bisa menginstalnya versi mobile. Selain itu ada pula link untuk mendownload BlackBerry Messenger, Google Talk v2.0, Maps, News dan Fun Games.

Search
Fitur search dapat digunakan untuk mencari header email, calendar, address book, memo pad dan task secepat kilat dengan mengetik kata kunci. Hal ini memudahkan kita mencari email yang pernah masuk, dan kita lupa kapan menerimanya ketika email sudah bertumpuk terlalu banyak

i-Stock
Aplikasi yang diperlukan untuk pebisnis yang selalu ingin memonitor informasi saham secara realtime di Bursa Efek Jakarta. Aplikasi ini hasil kerja sama dengan Limas, sebelumnya harus register dan menerima disclaimer yang menyatakan operator tidak bertanggung jawab jika menyebabkan kerugian akibat data yang kurang akurat.

Media
Kita dapat memutar musik, video dan ringtones serta membuka file gambar hasil jepretan kameranya. Dengan navigasi scroll sangat mudah untuk berpindah-pindah menu. Untuk memutar musik kita bisa pilih berdasarkan all songs, artist, albums, dan genres. Melihat foto-foto bisa dimainkan dengan mode slideshow dan fullscreen.

BATERAI
Bekal baterainya sebesar 1100mAh
Menurut klaim vendor mampu siaga hingga 408 jam (17 hari) dan mampu digunakan untuk berbicara terus menerus selama 4 jam. Dalam masa uji coba bertahan 3 hari saja dengan penggunaan yang cukup berat, mengirim email dan browsing internet.

KINERJA
Handset andalan bagi yang menginginkan fasilitas email dengan cepat dan aman. Tak perlu konfigurasi yang ribet untuk mengintegrasi email account personal. Selain itu juga dapat menghibur sebagai pemutar musik dan video, built in speaker cukup nyaring untuk memutar lagu-lagu mp3. Kualitas foto dari kamera 2 Mpix cukup bagus, layak untuk dijadikan penghias wallpaper dilayarnya yang jernih.

SPESIFIKASI

Network systemGSM 850 / GSM 900 / GSM 1800 / GSM 1900
Size107 x 60 x 15.5 mm
Weight111 g
Display- 65K colors
- 320 x 240 pixels
- Full QWERTY keyboard
- Trackball navigation
- Wallpapers
Battery type Standard battery, Li-Ion 1100 mAh
Stand-byUp to 408 h
Talk timeUp to 4 h
RingtonesPolyphonic (32 channels), MP3
Option
Number in phoneYes, Photocall
Call recordsYes
Memory- microSD (TransFlash)
- 64 MB flash memory
GPRSYes
MessagingSMS, MMS, Email, Instant Messaging
Infrared portNo
GamesYes
ColorCosmos Black, Satin Blue, Steel Blue
Features- Camera 2 MP, 1600x1200 pixels, video, flash
- Bluetooth v2.0 with A2DP
- Java
- Media player
- BlackBerry maps
- Organizer
- Calculator
- Voice dial
- Built-in handsfree
- To-do list

No comments:

Post a Comment